Minggu, 12 Desember 2010

Contoh Silabus

SILABUS

Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan mengolah data
Kompetensi
dasar Materi
Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
4.3 Menafsirkan
Sajian Data Penyajian data • Berdiskusi dengan model pembelajaran Snowball throwing
• Mencari data melalui dadu
• Mengurutkan data
• Menjumlahkan data
• Mencari nilai rata-rata (mean)
• Mencari nilai tengah (median)
• Menentukan nilai yang sering muncul (modus) • Mengumpulkan data

• Mengurutkan data

• Mencari nilai rata-rata (mean)

• Mencari nilai tengah (median)

• Mencari nilai yang sering (modus) • Proses , hasil

• Tes, non tes

• Tulis, perbuatan
dan pengamatan 3 x 35 menit • Buku Matematika kl. VI SD “Matematika Penekanan pada Berhitung”


• Referensi lain yang relevan


Mengetahui
Kepala Sekolah






SUKADJI


Guru Kelas






NANIK SUTRIANI, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SDIT Al-Azhaar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : VI / I (satu)
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

I STANDAR KOMPETENSI :
4. Mengumpulkan dan mengolah data

II KOMPETENSI DASAR :
4.3 Menafsirkan sajian data

III INDIKATOR :
1.
2.
3.
4. Mengumpulkan data
Mencari nilai rata-rata (mean)
Mencari nilai tengah (median)
Mencari nilai yang sering muncul (modus)

IV TUJUAN :
1. Melalui demonstrasi siswa dapat mengumpulkan data.
Melalui diskusi siswa dapat mencari nilai rata-rata (mean)
Melalui diskusi siswa dapat mencari nilai tengah (median)
Melalui diskusi siswa dapat mencari nilai yang sering muncul (modus)

V MATERI POKOK :
- Penyajian data

VI METODE PEMBELAJARAN :
-
- Demonstrasi - Penugasan
Diskusi
MODEL PEMBELAJARAN : SNOWBALL THROWING
VII LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No Langkah – Langkah Kegiatan Pengorganisasian
Kelas Waktu
1.






2.































3. Kegiatan Awal :
- Salam dan absensi kehadiran siswa
- Motivasi (menyanyikan lagu sekolah adalah surga agar anak tidak takut dengan matematika)
- Apersepsi
- Penyampaian tujuan

Kegiatan Inti :
1. Menyampaikan materi melalui penggalian kompetensi siswa tentang penyajian data, rumus nilai rata-rata, nilai tengah dan nilai yang sering muncul.
2. Membentuk kelompok yang sudah ada.
3. Masing-masing ketua kelompok dipanggil ke depan untuk diberi tugas.
4. Ketua kelompok kembali ke tempat dan menyampaikan tugas kepada anggota kelompok serta mengatur pembagian tugas.
5. Kelompok mengumpulkan data dengan cara melempar dadu sebanyak 6x dan kemudian masing-masing anggota membuat satu soal beserta kuncinya dari data yang telah diperoleh tadi.
6. Setelah soal selasai dibuat kemudian dikoreksi bersama dan direkap dalam selembar kertas kemudian dimasukkan ke dalam bola kecil yang sudah disediakan dan selanjutnya dilempar ke kelompok lain begitu juga sebaliknya.
7. Masing-masing kelompok mengerjakan soal yang diperoleh dengan pembagian tugas dari anggota kelompok. Setelah selasai pekerjaan dikoreksi bersama untuk kembali dilempar ke kelompok pembuat soal.
8. kelompok pembuat soal mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah dibuat tadi.
9. Masing-masing kelompok mempresentasikan ke depan dengan cara dikerjakan dipapan tulis kemudian kelompok lain menanggapi terutama kelompok yang mengerjakan soal tadi.

Kegiatan Akhir :
- Kesimpulan
- Evaluasi dan Pembahasan
- Refleksi
Pembelajaran diakhiri dengan salam
Klasikal






10 menit









VIII MEDIA / ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media
Alat :
: Papan tulis, dadu, bola plastic, kertas/alat tulis.
LKS, lembar soal, rubric penilaian

SUMBER -

- Buku Matematika kelas VI SD “Matematika penekanan pada berhitung” Erlangga
Buku lain yang relevan

XI PENILAIAN
- Prosedur penilaian
- Tehnik penilaian
- Jenis penilaian
- Bentuk penilaian
- Alat penilaian :
:
:
:
: Proses hasil
Tes, non tes
Tulis, perbuatan dan pengamatan
Obyektif
Lembar soal, rubrik





Mengetahui
Kepala Sekolah






SUKADJI Gandusari, 15 Oktober 2010

Guru Kelas






NANIK SUTRIANI, S.Pd















LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Ringkasan Materi
2. Rubrik Penilaian Proses
- Lembar Pengamatan
- Penskoran
3. Soal Evaluasi dan Kunci Jawaban
4. Pedoman Penilaian / Penskoran
5. Refleksi























Lampiran 1: RINGKASAN MATERI

PENGOLAHAN DATA
Data adalah informasi yang dikumpulkan untuk ditindak lanjuti, sebelum kita menindaklanjuti data maka data harus kita kumpulkan dulu, data dapat dikumpulkan dengan cara wawancara, pengukuran atau mengambil dari suatu hasil laporan yang telah dibuat. Table dan diagram berguna untuk memudahkan membaca data yang terlalu banyak. Ada tiga jenis diagram yaitu diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran.
Langkah-langkah penyajian data dalam tabel yaitu :
a. Mengurutkan data
b. Membuat tabel sesuai dengan data yang diurutkan
Dari data yang disajikan dalam tabel / diagram dapat diketahui beberapa hal sebagai berikut :
a. Jumlah data
b. Nilai terendah dan tertinggi
c. Nilai yang sering muncul (modus)
d. Nilai tengah (median)
e. Nilai rata-rata (mean)
• Rumus Nilai Rata-Rata (Mean)
Rata – rata = Jumlah Data
Banyak Data

• Rumus Nilai Tengah (Median)
Yaitu data yang berada ditengah setelah data diurutkan

• Rumus Nilai Yang Sering Muncul (Modus)
Yaitu data yang paling sering muncul
Contoh :
Data nilai IPA dari 7 siswa sebagai berikut :
7 9 9 7 7 4 6
a. Jumlah data = 7 + 9 + 9 + 7 + 7 + 4 + 6
b. Nilai terendah 4 dan nilai tertinggi 9
c. Modus = 7
d. Median = Jumlah Data = 49 = 7
Banyak Data 7
e. Median : data setelah diurutkan = 4,6,7,7,7,9,9 = 7
Jika banyaknya data genap maka jumlah dua angka yang tengah setelah diurutkan dibagi 2.
Contoh: 2 3 5 7 8 8
Median = 5 + 7 = 12 = 6
2 2
Lampiran 2: RUBRIK PENILAIAN PROSES

Mata pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI B / 1 (satu)
Materi : Penyajian Data
No Kelompok Aspek yang dinilai Jumlah Nilai
Akhir
Keaktifan Kerjasama Waktu







1 2 3 4







1 2 3 4







1 2 3 4









Kerangka Penskoran :
KEAKTIFAN : 1. baik sekali, jika siswa aktif dan kreatif dalam diskusi skor 30
2. baik, jika siswa aktif dalam diskusi skor 25
3. cukup, jika siswa kurang aktif dalam diskusi skor 15
4. kurang, jika siswa tidak aktif dalam diskusi skor 10

KERJASAMA : 1. baik sekali, jika satu kelompok ada kekompakan skor 30
2. baik, jika ada salah satu yang tidak bekerja sama skor 25
3. cukup, jika dalam kelompok ada satu/lebih tidak mau kerja sama skor 15
4. kurang, jika satu kelompok pasif semaunya sehingga sering mendapat teguran
skor 10

WAKTU : 1. baik sekali, jika bisa menyelesaikan dengan benar sebelum waktunya skor 40
2. baik, jika bisa menyelesaikan tepat waktu dengan benar skor 30
3. cukup, jika bisa menyelesaikan tepat waktu tetapi jawaban salah skor 20
4. kurang, jika tidak bisa menyelesaikan dengan benar dan tidak tepat waktu
skor 10

SKOR:
Skor 81 - 100 baik sekali
Skor 75 - 80 baik
Skor 50 - 74 cukup
Skor 30 - 49 kurang
Lampiran 3: SOAL EVALUASI
Kerjakan dengan benar!
Dari Posyandu diketahui data tentang berat badan bayi sebagai berikut :
Berat Bayi (kg) Banyak Bayi Jumlah Berat Bayi
4
5
6
7 5
4
2
1 4 x 5 = 20
5 x 4 = 20
6 x 2 = 12
7 x 1 = 7

Jumlah
………………..
……………..

Dari data tersebut diatas hitunglah !
1. Nilai terendah ………..nilai tertinggi……….
2. Jumlah data =………….. banyak data =……………
3. Berapakah modusnya……………
4. Berapakah Mediannya……………..
5. Berapakan rata-ratanya (mean)……………..

Kunci jawaban:
1. Nilai terendah 4 nilai tertinggi 7
2. Jumlah data = 59 Banyak data = 4
3. Modus = 4
4. Median = 4 4 4 4 4 5 5 5 5 6 6 7
= 5 + 5 = 10 =5
2 2
5. Mean = 59 = 4,92
12


















Lampiran 4: PEDOMAN PENILAIAN

No. 1 nilai maksimal 4
No. 2 nilai maksimal 4
No. 3 nilai maksimal 4
No. 4 nilai maksimal 4
No. 5 nilai maksimal 4

Skor maksimal 4 x 5 = 20
- Nilai akhir = jumlah skor x 5








































Lampiran 5: REFLEKSI

1. UNTUK SISWA :















2. UNTUK GURU :





























Mata Pelajaran : Matematika KISI – KISI SOAL Sekolah : SDIT AL – AZHAAR
Kelas : VI B Kecamatan : Gandusari
Semester / Tahun : I/2010-2011 Kabupaten : Trenggalek
Hari / Tgl Pelaksanaan : Jum’at, 3-12-2010 :…………………………………………………..

SK KD PERTANYAAN Aspek*) Bentuk soal Tingkat Kesukaran Kunci Jawaban
1 2 3 4 5 6 7
4 4.3 Penyajian
Data Berat Bayi Banyak Bayi Jmlh Berat Bayi
4
5
6
7 5
4
2
1 4 x 5 = 20
5 x 4 = 20
6 x 2 = 12
7 x 1 = 7
Jumlah ……………….. ……………..

1) Nilai terendah ………..nilai tertinggi………. K ESAI S Nilai terendah 4 nilai tertinggi 7
2) Jumlah data =………….. banyak data =…………… K ESAI S Jumlah data = 59 Banyak data = 4
3) Berapakah modusnya…………… PS URAIAN S Modus = 4
4) Berapakah Mediannya…………….. PS URAIAN SK Median = 4 4 4 4 4 5 5 5 5 6 6 7
= 5 + 5 = 10 =5
2 2
5) Berapakan rata-ratanya (mean)…………….. PS URAIAN M Mean = 59 = 4,92
12

Mengetahui
Kepala Sekolah






SUKADJI
*) 1. Pengetahuan / kognitif (K) **) 1. Mudah (M)
2. Sikap / Afektif (A) 2. Sedang (S)
3. Ketrampilan / psikomotorik (PS) 3. Sukar (SK) Gandusari, 3 Desember 2010
Guru Kelas






NANIK SUTRIANI, S.Pd


DAFTAR NILAI MATEMATIKA
KELAS VI B

KD. 4.3
NO NAMA NILAI
1 AAD SYAFAAD 70
2 ALI LALA S. 100
3 BERLIAN P.A. 65
4 BETTA A.A 90
5 DESTAOXA A. 80
6 DIDT HERI K. 65
7 DHITA KIRANA 100
8 GAYUH M.N. 65
9 M. FAQIH A. 95
10 M. SYAFIQ A. 100
11 PUGUH S. 100
12 RAFFIN A.D. 100
13 SYAHRIZAL 100
14 CALVIN ST 90
15 BELA FITRIA 90
16 TAUFIQ F.A 100
17 KRISNA R.F.H 100
18 ZEMBA R.M 100
JUMLAH 1.610


Rata-rata kelas = 1.610 x 100 = 89,44
1.800















PENILAIAN PROSES

Mata pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI B / 1 (satu)
Materi : Penyajian Data
No Kelompok Aspek yang dinilai Jumlah Nilai
Akhir
Keaktifan Kerjasama Waktu









Kelompok I

Kelompok II

Kelompok III 1 2 3 4











1 2 3 4














1 2 3 4


















80

70

90


Baik

Cukup

Baik sekali

Kerangka Penskoran :
KEAKTIFAN : 1. baik sekali, jika siswa aktif dan kreatif dalam diskusi skor 30
2. baik, jika siswa aktif dalam diskusi skor 25
3. cukup, jika siswa kurang aktif dalam diskusi skor 15
4. kurang, jika siswa tidak aktif dalam diskusi skor 10

KERJASAMA : 1. baik sekali, jika satu kelompok ada kekompakan skor 30
2. baik, jika ada salah satu yang tidak bekerja sama skor 25
3. cukup, jika dalam kelompok ada satu/lebih tidak mau kerja sama skor 15
4. kurang, jika satu kelompok pasif semaunya sehingga sering mendapat teguran
skor 10

WAKTU : 1. baik sekali, jika bisa menyelesaikan dengan benar sebelum waktunya skor 40
2. baik, jika bisa menyelesaikan tepat waktu dengan benar skor 30
3. cukup, jika bisa menyelesaikan tepat waktu tetapi jawaban salah skor 20
4. kurang, jika tidak bisa menyelesaikan dengan benar dan tidak tepat waktu
skor 10

SKOR:
Skor 81 - 100 baik sekali
Skor 75 - 80 baik
Skor 50 - 74 cukup
Skor 30 - 49 kurang
“Pelajaran Bahasa Jawa Momok Bagi Siswa”

Selasa,12 Oktober 2010 pukul 07.30 saya melaksanakan pembelajaran di kelas VIB SDIT AL-AZHAAR,Gandusari,Trenggalek.Sesuai dengan silabus semester 1 saya mengajar bahasa jawa yang terintregrasi dengan Kompetensi Dasar:Membaca tulisan huruf jawa.
Di SDIT AL-AZHAAR kelas VI terbagi dalam kelas parallel yaitu kela VIA kelompok kelas unggulan dan kelas VIB kelompok kelas biasa.Dengan pembagian kelas seperti itu ternyata banyak kelemahan,terutama yang bukan kelas ungulan,karena di kelas tersebut tidak ada motivator alias semua ngeblang dan kebetulan saya mengajar di kelas VIB tersebut.
Awal saya masuk dan berdiri di depan kelas,saya melihat wajah anak-anak yang siap menunggu sepatah kata pembuka dari saya.Kemudian saya pun segera menyapanya “Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.” “Wa’alaikum salam Wr.Wb.”.Jawab anak-anak.”anak-anak,kali ini kita bertemu kembali dalam pelajaran Bahasa Jawa.” “Coba PR nya di keluarkan untuk kita bahas bersama.”Anak-anak pun segera membuka PR nya dan kami pun membahas PR minggu lalu tentang ukara tanduk dan ukara tanggap.Sampai pembahasan selesai tidak ada masalah.
Kemudian saya melanjutkan ke materi hari ini yaitu menulis huruf jawa.Sebagai pretest,saya bertanya “Kalian sudah hafal huruf jawa,kan?”Tapi tidak ada satu pun siswa yang menjawab pertanyan saya.Pikir saya mereka diam karena sudah kelas VI tentu saja sudah hafal.Akhirnya saya mencoba untuk memberi soal pretest lagimembaca tulisan huruf jawa yang saya tulis di papan tulis.”Coba Gayuh baca tulisan huruf jawa ini!”Dia diam saja.”Ayo Gayuh cepat dibaca!”Gayuh pun segera membaca.Seharus nya di baca ibu sare,tetapi Gayuh membaca nya sego sate.Tentu saja saya tertawa dalam hati.Lalu saya lemparkan ke teman yang lain.”Coba siapa yang bias?”tidak ada satu pun yang mengacungkan tangan.Kemudian saya coba lagi menujuk salah satu siswa.”Coba,Berllian baca tulisan jawa itu!”Berllian pun diam dan semua nya diam seakan takut di tunjuk.Saya mulai berpikir ada apa kok semua diam padahal tulisan yang di baca Gayuh tadi lucu jika ada yang bisa membaca.Saya masih berlapang dada,kemudian saya bacakan tulisan tadi “ibu sare.” Tiba-tiba mereka serempak bilang “oooo……….”Dengan agak geregetan bercampur jengkel tapi ketawa,saya suruh mereka “Sekarang keluarkan kertas kemudian tulis soal ini dengan huruf jawa!”Saaya pun segera menulis 5 butir soal dipapan tulis yaitu:Ima turu,adi tiba,lara mata,aja gela,aja ngono.Soal yang sangat sederhana dan layak diberikan pada siswa kelas III SD.Anak-anak pun semua diam mengrrjakan,kemudian saya suruh mengumpulkan bagi yang sudah selesai.Saya tunggu lebih dari 10 menit,tapi satu pun tak ada yang mengumpulkan.Akhirnya saya ambil satu persatu.Alangkah kagetnya ketika saya mengoreksi satu persatu dan tidak ada satu pun jawaban atau tulisan yang benar.Semuanya tidak benar dan bentuk tulisannya pun salah total.Dengan agak emosi saya pun mulai ngomel “Kalian sudah kelas VI,mestinya sudah hafal di luar kepala,Masak satu pun tidak ada yang hafal huruf jawa?”Akhirnya dengan nada agak keras saya berkata,”Mulai besok jam saya yang pertama,selama 10 menit setiap hari ulangan menulis huruf jawa!!”Namun ketika saya berkata seperti itu,tiba-tiba ada yang nyeletuk,”Bu,Bahasa Jawa itu memang pelajaran yang paling sulit kok.”Kata salah seorang siswa,dia adalah Aad.Saya pun masih menjawab,”makanya,kalau kalian nanti hafal huruf jawa,pelajaran itu tidak akan sulit lagi.”Saya semakin tergerak untuk segera menindak lanjuti peristiwa ini agar kesulitan yang dirasakan siswa segera teratasi.
Akhirnya proses belajar mengajar ini saya akhiri dengan kesimpulan bahwa indicator dalam pembelajaran kali ini tidak tercapai.Namun saya ingin kegagalan ini akan menjadi keberhasilan kelak.Amin………



Oleh:Nanik Sutriani
Guru kelas VIB SDIT AL-AZHAAR
Gandusari,Trenggalek

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar